Testis Bengkak

Dok, telur saya (testis) saya sakit, bengkak, sampai terasa ke perut, apakah berbahaya?

Dok, telur saya bengkak sebelah, kalau dipegang sakit sampai ke perut, sakit apakah saya?

Beberapa hari terakhir, pertanyaan di atas sering muncul saat konsultasi di Praktek Andrologi dr. Edwin Pradana, Sp.And. Artikel singkat berikut ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat atau generasi Zaman Now agar dapat lebih paham tentang testis.

Testis atau buah zakar (telur pria) adalah pabrik sperma dan hormon testosteron. letaknya memang menggelantung di bawah selangkangan dalam suatu kantong yang dikenal dengan skrotum. Salah satu tujuan letaknya menggelantung adalah untuk mengatur suhu testis agar optimal dalam memproduksi sperma dan hormon testosteron.

Testis yang bengkak dan sakit / nyeri merupakan kondisi yang harus segera ditangani secara medis, bukan diterapi alternatif ke tukang urut, dukun pijat, dkk. Karena apabila penanganannya terlambat, akan berakibat rusaknya testis tersebut. Rusaknya testis ditandai dengan menciutnya / mengecilnya ukuran testis.

Berikut beberapa hal yang perlu masyarakat ketahui:

  • Pentingnya setiap pria untuk tahu / pernah memegang / memeriksa kondisi testis nya sendiri. Hal ini bertujuan untuk bisa membandingkan ukuran testis yang membesar atau mengecil. Apabila tidak pernah memegang / memeriksa testis nya sendiri, bagaimana bisa membandingkan ukurannya?

 

  • Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Apabila memang ragu apakah testis bengkak atau tidak, silahkan memeriksakan diri ke dokter, BUKAN tanya ke Mbah Google. Belum tentu informasi yang ada di internet sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Seringkali pasien mencocokkan gejala di internet dengan kondisi tubuhnya sendiri, dan ini adalah tindakan yang KELIRU. Dokter bukanlah dukun, zaman now pasien lebih nyaman tanya via chat daripada diperiksa. Apabila tidak diperiksa secara langsung, dokter tidak bisa memutuskan penanganan yang harus diberikan.

 

  • Jangan Malu. Dari cerita beberapa pasien yang pernah mengalami testis bengkak dan nyeri, malu untuk memeriksakan diri, sehingga dibiarkan saja. Mau periksa ke dokter malu, tapi tidak malu untuk pergi ke dukun urut atau tukang pijat dkk. Alhasil, bukannya sembuh namun testis menjadi rusak permanen.

 

Semoga artikel singkat ini bisa memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai testis bengkak dan nyeri. Bila masih ragu, silahkan memeriksakan diri untuk dapat dievaluasi secara menyeluruh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close